oleh

TVRI Kembali Duduki Peringkat Teratas Terkait Riset Indeks Kualitas yang Diselenggarakan KPI

Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI) kembali membuktikan diri sebagai media pemersatu bangsa berkualitas dengan menduduki peringkat teratas dalam 5 dari 8 kategori Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi periode I 2021. Riset Indeks Kualitas itu diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bekerja sama dengan 12 perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam siaran pers Humas TVRI yang diterima di Jakarta, Senin (13/9/2021) dikatakan, riset yang melibatkan sejumlah responden ahli tersebut tersebar di 12 kota seluruh Indonesia. Sebanyak 56% responden perempuan dan 46% responden laki-laki dengan latar belakang pendidikan yang bervariasi, mulai dari lulusan Strata 1 sampai Strata 3. Delapan kategori yang diriset adalah program Wisata dan Budaya, Religi, Anak, Berita, TalkshowVariety ShowInfotainment, dan Sinetron.

TVRI menduduki peringkat pertama dalam kategori Berita dengan indeks 3,52 disusul oleh Kompas TV dengan indeks 3,44 dan Metro TV 3,34. Untuk ketegori Talkshow, TVRI memperoleh indeks sebesar 3,60 diikuti oleh RTV pada peringkat kedua dengan indeks 3,56 dan Kompas TV di posisi ketiga dengan indeks 3,46.

Baca Juga  Kolaborasi SiCepat Ekspres Melalui Baznas Salurkan 110 Hewan

Pencapaian ini menunjukkan bahwa TVRI merupakan salah satu media yang dipercaya publik karena konten berita dan talkshow yang ditayangkan memberikan narasi yang objektif dan perspektif yang jernih dengan topik yang tidak membuat kegaduhan, namun berisi wawasan dan pencerahan bagi publik.

Dengan kata lain, TVRI berfungsi sebagai media yang dapat meluruskan di antara gempuran berita dan talkshow yang ada di televisi-televisi lain. Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno mengatakan, TVRI harus menjadi sumber informasi terpercaya bagi masyarakat pada saat menyikapi banyaknya hoaks dan kegaduhan akibat berita yang simpang siur terlebih di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga  Vaksin AstraZeneca Dosis Kedua Akan Datang April 2021

“Maka, TVRI harus menjadi semacam clearing house (rumah penjernih) bagi publik,“ ujarnya. Hal ini berbanding lurus dengan pencapaian yang diterima oleh TVRI dari hasil riset yang dilakukan oleh Reuters Institute dan University of Oxford beberapa waktu lalu, di mana TVRI memperoleh posisi tiga besar dalam tingkat kepercayaan publik.

Sementara itu, dalam kategori Program Anak, TVRI mendapatkan indeks sebesar 3,78 di atas RTV dengan indeks 3,56 dan NET TV 3,40. Untuk Program Religi, TVRI meraih indeks sebesar 3,63, peringkat kedua diduduki oleh Indosiar dengan indeks sebesar 3,48, lalu Metro TV dengan indeks 3,48.

Untuk kategori Wisata dan Budaya, TVRI menduduki posisi kedua dengan mendapatkan indeks sebesar 3,76 di bawah Metro TV dengan indeks 3,76 dan Trans 7 pada posisi ketiga dengan indeks 3,73.

Baca Juga  Kemenag Siap Fasilitasi Muktamar ke-20 Mathla’ul Anwar

Hasil riset tersebut membuktikan bahwa TVRI telah berhasil memenuhi bahkan melebihi indeks standar yang telah ditetapkan oleh KPI sebesar 3,00. Hal ini menunjukkan bahwa TVRI konsisten hadir memberikan tayangan-tayangan yang mengajarkan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung tinggi oleh masyarakat.

TVRI juga menunjukkan kepedulian yang tinggi atas kepentingan anak dengan menghadirkan program-program ramah anak. Selain itu, penghormatan atas perbedaan dan keragaman budaya juga menjadi nilai yang membuat TVRI hadir sebagai cerminan wajah Indonesia.

Dikatakan, langkah LPP TVRI semakin nyata dalam mewujudkan visi dan misi menjadi lembaga penyiaran kelas dunia dalam memberikan tayangan yang berkualitas melalui program informasi, pendidikan, dan hiburan sehat. TVRI selalu menguatkan persatuan serta melestarikan keberagaman guna meningkatkan martabat bangsa di mata dunia. (*/cr2)

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed